Blog

Manajemen Mutu Pendidikan

Penulis
Dr. Nunik Yudaningsih, S.Pd., M.Pd.

Kategori
Buku Ajar

ISBN
dalam proses

Ukuran
15,5 x 23 cm

Halaman
vi, 193 hlm

Tahun Terbit
April 2024

Harga
Rp 75.000,-

Sinopsis buku

Konsep dasar manajemen pendidikan mengacu pada prinsip-prinsip dan pendekatan yang digunakan untuk mengelola sistem pendidikan secara efektif. Ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan dalam konteks pendidikan. Manajemen merupakan proses yang mencakup kegiatan untuk mencapai tujuan secara efisien. Di sekolah, pengelolaan mendorong fleksibilitas dan partisipasi langsung dari semua pihak terkait untuk meningkatkan mutu sekolah sesuai dengan kebijakan pendidikan nasional dan peraturan yang berlaku.

Jaminan mutu menjadi isu penting terutama setelah munculnya industrialisasi. Perhatian pada jaminan mutu dan peningkatan mutu semakin meluas setelah Perang Dunia II, terutama di Inggris dan Amerika Serikat pada 1980-an. Meskipun ide-ide tentang mutu sudah berkembang sejak 1930-an dan 1940-an di Amerika Serikat, pengakuan terhadap kebutuhan untuk mengembangkan budaya mutu masih terbatas di beberapa bidang pendidikan.

Dalam konteks pendidikan, peserta didik sering dianggap sebagai produk, meskipun pendidikan melibatkan proses belajar yang kompleks dan setiap peserta didik memiliki keunikan. Pengelolaan mutu pendidikan memerlukan pemahaman tentang produk pendidikan dan siapa pelanggannya. Produk pendidikan adalah hasil dari proses yang dilakukan oleh sekolah, yang meliputi kegiatan belajar mengajar yang dapat dikendalikan oleh sekolah. Namun, karakteristik individu peserta didik tidak sepenuhnya bisa dijamin oleh sekolah.

“Manajemen Mutu Pendidikan” adalah panduan komprehensif yang membahas konsep dasar, sejarah, dan tokoh pemikir dalam bidang ini. Buku ini juga membahas kebijakan pemerintah terkait penjaminan mutu pendidikan, memberikan pemahaman yang kuat tentang kerangka kerja untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penekanan pada penjaminan mutu internal dan eksternal di tingkat sekolah dan perguruan tinggi membuat buku ini berguna bagi para praktisi, pengambil kebijakan, peneliti, dan siapa pun yang tertarik dalam peningkatan mutu pendidikan.

Write a comment