UPGRADING SOKOGURU EKONOMI NASIONAL MELALUI DIGITALISASI UMKM

Penulis
Dr. Daduk Merdika Mansur, S.T., M.M.
Prof. Dr. Dwi Kartini, SE, Spec. Lic.
Hadi Hariyanto, S.T., MSc., Ph.D.
Helin G. Yudawisastra, S.E., M.Si.
Kategori
Buku Ajar
ISBN
978-623-174-135-6
Ukuran
18 x 25 cm
Halaman
viii, 215 hlm.
Tahun Terbit
Maret 2023
Harga
Rp 80.000,-
Sinopsis buku
Indonesia negri yang kaya sumberdaya alam menjadi primadona bangsa-bangsa didunia, hal ini diperkuat dengan jumlah penduduk yang sangat besar no 4 didunia. Kebesaran Indonesia saat ini belum teroptimalkan dengan baik oleh masyarakatnya dan bahkan menjadi negri yang lebih banyak mengimport barang termasuk kebutuhan pokok. Saat ini Indonesia menjadi target pemasaran produk-produk negara lain. Contohnya mobil dari produk Japan dan elektronik dari negeri China dan Korea.
Selama krisi ekonomi Indonesia mampu bertahan dari badai karena ditopang oleh banyaknya UMKM yang menyediakan lapangan kerja sebanyak 97% dan memberikan sumbangan PDB 57,24%. Saat pandemic Covid 19 mewabah ekonomi nasional ditopang denganadanya ketahanan dari UMKM. Digitalisasi membawa globalisasi ekonomi sangat mengancam keberlangsungan UMKM. Oleh karena itu mesti dilakukan terobosan agar UMKM tidak hanya bisa survive namun bahkan bisa tumbuh positif. Perkembangan teknologi digital bisa menghadirkan kemudahan dan daya jangkau yang sangat luas dan menjadi potensi penting bagi tumbuhnya bisnis digital namun memiliki karakter the winner takes all.
Layanan digital memiliki kerentanan terkait isu negative yang cepat viral, pengembangan layanan digital untuk bisnis harus benar-benar didesign dengan cermat Pengambangan layanan digital melalui beberapa tahap yang harus dijalankan dengan kualitas tinggi. Tahapan awal yaitu Ideasi produk, kemudian dilanjutkan dengan mendefinisikan Produk, dan selanjutnya dilakukan Prototyping produk. Baru kemudian dilakukan pendetailan design, dilanjutkan dengan proses Validasi dengan beberapa pengetesan dan diahiri dengan tahap komersialiasi. Oleh karena itu dalam digitalisasi UMKM ini perlu metode yang tepat dan Project Management yang efektiv.
Kemampuan UMKM mengintegrasikan aplikasi digital dalam bisnis dan layananya akan memberikan pengaruh kuat dalam keberlangsungan dan pertumbuhannya. Pada bagian ahir buku ini dijabarkan best practice dari digitalisasi UMKM dengan berbagai konsep dan model yang akan sangat memberikan panduan dan memudahkan bagi siapapun yang akan melakukan program Go Digital maupun Digitalisasi.
Related posts
MODERASI BERAGAMA: SEBUAH DISKURSUS DINAMIKA KEAGAMAAN DI ERA KONTEMPORER
Detail Sinopsis Detail PenulisProf. Dr. K. H. Khairil Anwar, M.Ag. …
MULTIPLE INTELLIGENCES : Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Detail Sinopsis Detail PenulisHalimatus Sa’diyah, M.Pd. EditorDr. Asep Sopian, M.Ag. …
PRODUKSI SAYURAN HIDROPONIK
Detail Sinopsis Detail PenulisFaisal Al Asad, S.P., M.Si. Kategori Buku …
MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI
Detail Sinopsis Detail PenulisMahdika Putra Nanda, S.Pd., M.T. Kategori Buku …
TEKNOLOGI PENGENDALIAN PENYAKIT TANAMAN
Detail Sinopsis Detail PenulisFina Dwimartina, S.P., M.Sc. Kategori Buku Ajar …
AKUNTANSI KOPERASI DAN UMKM
Detail Sinopsis Detail PenulisHj. Nunung Nurhayati, S.E., M.M. Kategori Buku …
BAHASA INDONESIA: MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN BAGI MAHASISWA
Detail Sinopsis Detail PenulisIr. Dwi Wuryani, M.Pd.Dewi Indah Pratiwi, M.Pd. …
PENELITIAN KUALITATIF UNTUK PEMULA : Pendekatan Filosofis dan Praktis
Detail Sinopsis Detail PenulisProf. Dr. Syarifuddin, M.Soc.Sc., C.A.Dr. Ratna Ayu …
MANAJEMEN EFEKTIF DI LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL : Penguatan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill)
Detail Sinopsis Detail PenulisDr. Dewi Apriani Fristianingroem, M.M. Kategori Buku …
PENGAWASAN PEMILU DAN TANTANGAN DI ERA DISRUPSI DIGITAL
Detail Sinopsis Detail PenulisDede IrawanAbdullah IrlanMuh. Aripin Nurmantoro Kategori Buku …