Blog

TRANSFORMASI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) MENJADI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN AKADEMIK

Penulis 
Dr. Zulkarnain, S.Sos.I, M.Pd.I.
Prof. Dr. H. Ahmad Syukri, SS., M.Ag.
Prof. Dr. Maisah, M.Pd.I.

Editor 
Fidya Arie Pratama

Institusi 

Kategori
Buku

Bidang Ilmu

ISBN
978-623-316-196-1

Ukuran
15,5 x 23 cm

Halaman
vi + 394 hlm.

Tahun Terbit
September 2021

Sinopsis buku

Transformasi lembaga adalah bukti dari kemajuan dan inovasi pendidikan di Indonesia, termasuk transformasi dari STAIN menjadi IAIN atau UIN. Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu “kota pendidikan” di Indonesia, bahkan pelopor awal pendirian madrasah di Indonesia, menunjukkan tradisi yang baik terkait upaya transformasi lembaga, sebut saja peralihan 2 (dua) kampus PTKIN di Sumatera Barat, yaitu STAIN Batusangkar (menjadi IAIN Batusangkar) dan STAIN Bukittinggi (menjadi IAIN Bukittinggi).

Buku ini merupakan karya ilmiah “berbasis riest” yang mengulas secara tuntas terkait alasan perubahan kedua PTKIN tersebut, dari aspek historis, filosofis, ekonomi, psikologis, sosiologis, antropologis, globalisasi dan politik. Lebih menarik lagi, di dalamnya juga menguraikan pelayanan akademik kedua PTKIN tersebut dari aspek 8 (delapan) standar nasional pendidikan, meliputi; standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses pembelajaran, standar penilaian, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan pendidikan, dan standar pembiayaan pendidikan. Dengan demikian, buku ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi wajib bagi para pembaca dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa (S-1, S-2, S-3), guru, dosen dan juga praktisi pendidikan terkait upaya transformasi lembaga pendidikan, khususnya lembaga PTKIN di Indonesia.

File pdf berisi:
1. Cover depan
2. Hlm Judul
3. Hlm Penerbit
4. Kata Pengantar
5. Daftar Isi
6. 50% isi buku
7. Cover Belakang

Transformasi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)_Zulkarnain, Ahmad Syukri &Maisah

Write a comment