Blog

PENGELOLAAN LINGKUNGAN INDUSTRI BATIK SIDOMUKTI, MAGETAN

Penulis
Prof. Dr. Erina Rahmadyanti, S.T., M.T.

Kategori
Monograf

ISBN
978-623-174-307-7

Ukuran
14 x 20 cm

Halaman
vi, 56 hlm

Tahun Terbit
November 2023

Harga
Rp 50.000,-

Sinopsis buku

Industri batik, sebagai bagian penting dari warisan budaya Indonesia, telah memainkan peran yang signifikan dalam ekonomi lokal dan global. Namun, dampak lingkungan dari produksi batik, terutama dalam hal penggunaan air, limbah, dan bahan kimia, telah menjadi perhatian utama dalam dekade terakhir. Dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan, pengelolaan lingkungan dalam industri batik menjadi hal yang sangat penting.

Melalui pendekatan yang berfokus pada praktik ramah lingkungan, industri batik telah mulai mengadopsi metode produksi yang lebih berkelanjutan, seperti penggunaan pewarna alami dari sumber daya alam lokal dan pengolahan limbah yang lebih efisien. Dengan memanfaatkan teknologi modern, pabrik-pabrik batik dapat mengurangi dampak negatif produksi terhadap lingkungan, sambil tetap mempertahankan kualitas dan keaslian batik.

Selain itu, inisiatif konservasi sumber daya air dan penggunaan energi terbarukan juga menjadi fokus utama dalam pengelolaan lingkungan industri batik. Dengan mengadopsi sistem pengolahan limbah yang canggih dan ramah lingkungan, industri batik berupaya untuk mengurangi polusi air dan menjaga kelestarian ekosistem di sekitarnya.

Buku Pengelolaan Lingkungan Industri Batik Sidomukti, Magetan, merupakan buku yang dibuat untuk sarana edukasi dan informasi seputar batik tulis yang ada di Desa Sidomukti, Magetan, mulai dari pembuatan hingga pengelolaan limbah di lingkungan tempat produksi.

Buku ini berisi tentang sejarah batik, pengenalan motif batik pring sedapur beserta pejelasannya, langkah-langkah proses produksi batik, serta pengelolaan limbah industri batik.

Write a comment