Blog

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT INDUSTRI BATIK

Penulis
Prof. Dr. Sarmini, M.Hum.

Kategori
Monograf

ISBN
978-623-174-303-9

Ukuran
14 x 20 cm

Halaman
vi, 55 hlm

Tahun Terbit
November 2023

Harga
Rp 50.000,-

Sinopsis buku

Buku ini mengajak pembaca untuk menjelajahi dunia pemberdayaan masyarakat dalam industri batik, sebuah perjalanan yang mengungkapkan bagaimana warisan budaya yang kaya seperti batik dapat menjadi alat untuk membangun komunitas yang kuat, kreatif, dan berkelanjutan.

Kita akan melihat bagaimana upaya-upaya pemberdayaan masyarakat telah memberikan dorongan bagi para pengrajin untuk meningkatkan keterampilan mereka, memperluas jaringan bisnis, dan mengambil peran aktif dalam mempromosikan budaya batik di tingkat lokal dan internasional. Dengan bantuan organisasi, pemerintah, dan koperasi, mereka telah berhasil menciptakan peluang ekonomi yang signifikan bagi diri mereka sendiri dan masyarakat sekitar.

Namun, pemberdayaan masyarakat dalam industri batik juga mencakup aspek pelestarian nilai-nilai budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Bagaimana para pelaku batik terus berupaya melestarikan teknik-teknik tradisional, menjaga makna-makna simbolik dalam desain batik, dan berperan sebagai penjaga api budaya?

Buku ini berisi pemikiran-pemikiran inovatif yang muncul dalam upaya pemberdayaan masyarakat dalam industri batik. Ini adalah cerita tentang kreativitas, ketahanan, dan komitmen untuk menjaga keberlanjutan industri batik yang kaya budaya.

Dengan membaca lebih lanjut, pembaca akan mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana pemberdayaan masyarakat berperan penting dalam menjaga warisan budaya sekaligus membawa industri batik ke masa depan yang cerah dan berdaya saing. Selamat menikmati perjalanan ini yang akan memperkaya pemahaman tentang peran pemberdayaan masyarakat pada industri batik.

Write a comment