Blog

Buku Monograf Pemanfaatan Biomassa Lignoselulosa untuk Produksi Biogas menggunakan Proses Solid-State Anaerobic Digestion

Penulis
Shinta Amelia,
Lukhi Mulia Shitophyta,
Gita Indah Budiarti

Editor
Zulia Arifah

Kategori
Buku Ajar

ISBN
Dalam Proses

Ukuran
15,5 x 23 cm

Halaman
vi, 58 hlm

Tahun Terbit
Maret 2024

Harga
Rp 50.000

Sinopsis buku

Pemanfaatan biomassa lignoselulosa untuk produksi biogas melalui proses Solid-State Anaerobic Digestion (SS-AD) merupakan topik utama yang dibahas dalam buku ini. Biomassa lignoselulosa, yang meliputi bahan organik seperti jerami padi, brangkasan jagung, dan limbah makanan, menjadi fokus penelitian karena potensinya sebagai sumber energi alternatif yang berkelanjutan.
Pretreatment biomassa lignoselulosa adalah tahap penting sebelum proses pencernaan anaerobik dimulai. Berbagai metode pretreatment, seperti pretreatment alkali, solven organik, dan asam, dieksplorasi untuk meningkatkan efisiensi produksi biogas. Parameter seperti rasio F/I (food to inoculum ratio), kandungan total solid (TS), dan ukuran partikel juga dikaji secara rinci karena pengaruhnya terhadap produksi biogas.
Buku ini juga membahas proses SS-AD dalam produksi biogas dari jerami padi, brangkasan jagung, dan limbah makanan. Pengaruh kadar limbah makanan terhadap produksi biogas, nilai pH, serta pengaruh pretreatment biologi dengan kadar EM-4 (Effective Microorganisms) juga dianalisis.
Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang teknologi produksi biogas menggunakan biomassa lignoselulosa melalui SS-AD. Dengan membahas berbagai pretreatment dan parameter pengaruhnya, pembaca akan mendapatkan pemahaman yang luas tentang proses produksi biogas yang efisien dan berkelanjutan.
Buku ini menjadi sumber informasi yang berharga bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan dan pemanfaatan biomassa untuk energi alternatif. Dengan demikian, penggunaan biomassa lignoselulosa untuk produksi biogas melalui SS-AD menjanjikan sebagai langkah menuju keberlanjutan energi.

Write a comment