Blog

MODEL PENILAIAN FORMATIF : Reflection Critical Thinking Efficacy (RCTE) Pada Pembelajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Penulis
Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd., M.CE.
Prof. Dr. rer.nat. YL. Sukestiyarno, MS.
Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd.
Dr. Iqbal Kharisudin, M.Sc.

Kategori
Buku Ajar

ISBN
978-623-174-502-6

Ukuran
15,5 x 23 cm

Halaman
vi, 134 hlm.

Tahun Terbit
Agustus 2024

Harga
Rp 80.000,-

Sinopsis buku

Pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa, dengan tujuan menghasilkan individu yang cerdas dan kompetitif. Proses pembelajaran harus dirancang secara efektif untuk mengembangkan aspek kepribadian siswa, seperti pengetahuan, nilai, sikap, dan keterampilan. Pembelajaran matematika di sekolah, khususnya di SMP, bertujuan untuk membantu siswa memahami konsep-konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep, dan menerapkan konsep tersebut dalam pemecahan masalah.

Kemampuan berpikir kritis menjadi penting untuk membantu siswa memecahkan masalah kompleks dalam kehidupan mereka. Penilaian formatif, atau *assessment for learning* (AfL), merupakan model evaluasi yang membantu guru memahami kemampuan berpikir kritis siswa selama proses pembelajaran. Penilaian ini tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses pembelajaran yang berlangsung.

Namun, di lapangan, penilaian yang digunakan dalam pembelajaran matematika masih berfokus pada evaluasi sumatif, yang kurang mampu mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan model penilaian formatif yang mampu mengukur dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan penilaian ini, guru dapat memberikan umpan balik yang tepat untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa. Evaluasi dinamis yang dilakukan selama proses pembelajaran dapat membantu mengoptimalkan potensi siswa dan memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kemampuan mereka.

Write a comment