Blog

MANAJEMEN PEMASARAN JASA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Penulis 
Dr. Amiruddin, M.Pd.I.
Prof. Dr. H. Ahmad Husein Ritonga, M.A.
Samsu, S.Ag., M.Pd.I., Ph.D.

Editor 
Fidya Arie Pratama

Institusi 

Kategori
Buku

Bidang Ilmu

ISBN
978-623-316-197-8

Ukuran
15,5 x 23 cm

Halaman
viii + 359 hlm.

Tahun Terbit
September 2021

Sinopsis buku

Madrasah merupakan “organisasi jasa” dalam membentuk SDM unggul untuk bangsa. Atas dasar ini, madrasah perlu melakukan pemasaran jasa melalui citra dan mutu lembaganya. Pemasaran jasa dalam konteks ini, bukanlah komersialisasi madrasah, atau bahkan mengabaikan aspek ikhlas beramal yang melekat pada diri sivitas atau “warga madrasah”.

Pertanyaannya, mengapa madrasah atau lembaga pendidikan Islam perlu dipasarkan atau di-marketing-kan? Selama ini, dunia pendidikan sangat anti dengan istilah “berbau bisnis”. Padahal, pemasaran atau marketing juga penting dalam mendobrak mentalitas, semangat dan tanggungjawab moral pengelola madrasah kepada masyarakat Muslim untuk menjawab kebutuhan dan memberikan kepuasan pelayanan kepada anak-anak mereka. Bukankah lembaga yang baik adalah lembaga yang memberikan pelayanan yang bagus dan mutu yang terintegritas?

Buku ini merupakan karya ilmiah “berbasis riset”, menjelaskan tentang fenomena umum yang dihadapi oleh madrasah, teori-teori tentang pemasaran jasa, serta hasil penelitian dan pembahasan terkait dengan pemasaran jasa yang dilakukan oleh MAN di Provinsi Jambi. Selanjutnya, penulis paparkan juga implikasi dan rekomendasi dari hasil penelitian ini sebagai masukan untuk perbaikan madrasah di masa akan datang untuk tetap berorientasi kepada kepuasan konsumen. Inilah masalah penting yang diungkapkan oleh buku yang ada di tangan para pembaca.

File pdf berisi:
1. Cover depan
2. Hlm Judul
3. Hlm Penerbit
4. Kata Pengantar
5. Daftar Isi
6. 50% isi buku
7. Cover Belakang

Manajemen Pemasaran Jasa Lembaga Pendidikan Islam_Amiruddin, Ahmad Husein Ritonga & Samsu

Write a comment