Blog

Konsep Dasar Administrasi Pendidikan

Penulis
Helena Turnip, M.Pd.,
Kristina Veronika Sianturi,
David Marthen Pardosi.

Kategori
Buku Refrensi

ISBN
Dalam proses

Ukuran
15,5 x 23 cm

Halaman
vi, 114 hlm.

Tahun Terbit
Juli 2024

Harga
Rp 80.000,-

Sinopsis buku

Buku “Konsep Dasar Administrasi Pendidikan” menghadirkan pandangan komprehensif tentang landasan teoritis dan praktis dalam bidang administrasi pendidikan. Menyajikan rangkaian informasi yang terstruktur, buku ini ditujukan untuk para pendidik, mahasiswa, dan praktisi yang tertarik memahami bagaimana administrasi pendidikan dapat mendukung efektivitas sistem pendidikan.

Buku ini dimulai dengan menjelaskan konsep dasar administrasi pendidikan, termasuk definisi, ruang lingkup, dan pentingnya administrasi dalam mengelola sumber daya pendidikan. Pembaca akan dibawa melalui pembahasan tentang fungsi-fungsi administrasi seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan evaluasi, serta bagaimana fungsi-fungsi ini diimplementasikan dalam konteks pendidikan modern.

Selain itu, buku ini menyoroti berbagai teori dan model dalam administrasi pendidikan yang relevan dengan praktik lapangan, memberikan landasan teoritis yang kuat untuk pemahaman yang lebih mendalam. Setiap bab dilengkapi dengan contoh kasus, studi kasus, dan latihan soal untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang dibahas dalam situasi nyata.

Buku ini juga mengupas tentang tantangan-tantangan yang dihadapi dalam administrasi pendidikan, termasuk adaptasi terhadap perubahan globalisasi dan teknologi. Strategi inovatif dalam pengelolaan pendidikan di era digital juga turut dibahas untuk memberikan wawasan tentang bagaimana administrasi pendidikan dapat menghadapi dinamika zaman.

Penulis buku ini mengintegrasikan pengalaman praktis dan pengetahuan akademis untuk memberikan pandangan holistik tentang administrasi pendidikan. Dengan demikian, buku “Konsep Dasar Administrasi Pendidikan” diharapkan dapat menjadi panduan yang berguna bagi mereka yang ingin memahami dan mengembangkan kemampuan administratif dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di berbagai tingkatan.

Buku ini tidak hanya bermanfaat sebagai bahan referensi akademis, tetapi juga sebagai panduan praktis bagi para praktisi pendidikan yang ingin meningkatkan keterampilan manajerial mereka dalam mengelola lembaga pendidikan secara efisien dan efektif.

 

Dengan demikian, “Konsep Dasar Administrasi Pendidikan” menjadi sebuah kontribusi penting dalam literatur administrasi pendidikan, menggali esensi dan aplikasi praktis dari teori-teori yang ada untuk menangani tantangan-tantangan kompleks dalam pengelolaan pendidikan saat ini.

Write a comment