Blog

GRAFEMIK dalam MAHĀRAH KITĀBAH: Pengembangan Bahan Ajar untuk Siswa Berkebutuhan Khusus dengan Hambatan Autis

Penulis
Sri Dewi Priwarti Siregar, S.Pd.

Editor
Prof. Dr. Mohamad Zaka Al Farisi, M.Hum.
Dr. Asep Sopian, S.Pd., M.Ag.

Kategori
Buku Ajar

e-ISBN
978-623-174-448-7 (PDF)

Ukuran
18 x 25 cm

Halaman
viii, 135 hlm

Tahun Terbit
Juni 2024

Harga
Rp 40.000,-

Sinopsis buku

Buku ini mengupas tuntas tentang pengembangan bahan ajar mahārah kitābah berbasis grafemik yang dirancang khusus untuk siswa autis. Dengan pendekatan yang komprehensif, buku ini menggabungkan metode penelitian yang meliputi observasi, wawancara, dan penilaian formatif untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kemampuan siswa autis dalam menguasai keterampilan menulis. Melalui proses yang teliti dan sistematis, penulis berhasil menyusun bahan ajar yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Setiap bab dalam buku ini memberikan panduan praktis dan contoh nyata dari bahan ajar yang telah diujicobakan. Penulis juga menyertakan berbagai revisi berdasarkan umpan balik dari ahli dan dosen pembimbing untuk memastikan bahwa bahan ajar ini dapat diakses dengan mudah dan dipahami oleh siswa. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya penggunaan transliterasi standar SKB dua Menteri untuk membantu pembaca dalam mengucapkan kata-kata Arab dengan benar, yang merupakan salah satu tambahan signifikan dalam edisi revisi ini.
Diharapkan, buku ini tidak hanya menjadi referensi yang berharga bagi para pendidik yang mengajar siswa autis, tetapi juga bagi peneliti dan praktisi di bidang pendidikan khusus yang ingin mengembangkan bahan ajar yang lebih inklusif dan efektif. Dengan pendekatan yang berbasis bukti dan didukung oleh praktik terbaik, buku ini menawarkan solusi konkret untuk tantangan dalam mengajarkan keterampilan menulis kepada siswa autis.

Write a comment