Blog

Electronic Fuel Injection (EFI)

Penulis
Aci Primartadi, M.Pd.,
Dwi Jatmoko, M.Pd.,
Dr. Arif Susanto, M.Pd.,
Dr. Suyitno, M.Pd.

Editor
Widiyatmoko, M.Pd.

Kategori
Buku Ajar

ISBN
Dalam Proses

Ukuran
14 x 20 cm

Halaman
vi, 118 hlm

Tahun Terbit
April 2024

Harga
Rp 60.000

Sinopsis buku

Mesin bensin, yang pertama kali ditemukan oleh Nikolaus Otto, adalah jenis mesin pembakaran yang menggunakan nyala busi untuk proses pembakaran. Berbeda dengan mesin diesel, di mana udara dikompresikan dalam ruang bakar dan bahan bakar diinjeksikan di akhir langkah kompresi, pada mesin bensin udara dan bahan bakar dicampur sebelum masuk ke ruang bakar. Sistem konvensional menggunakan karburator untuk mencampur bahan bakar dengan udara, sementara Electronic Fuel Injection (EFI) adalah sistem modern yang mengontrol penyemprotan bahan bakar secara elektronik, meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar dan mengurangi polusi.
Penggunaan EFI dalam kendaraan modern telah menjadi standar karena kemampuannya untuk mengukur kebutuhan bahan bakar berdasarkan kondisi mesin, putaran, beban, suhu udara, dan faktor-faktor lainnya. Sistem ini menggunakan sensor-sensor elektronik untuk memastikan perbandingan bahan bakar dan udara yang optimal dalam ruang bakar, menghasilkan daya motor yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal serta gas buang yang lebih ramah lingkungan.
Dalam mesin EFI, proses penginjeksian bahan bakar terjadi sebelum udara masuk ke ruang bakar, sehingga campuran udara dan bahan bakar sudah bercampur dengan baik ketika katup masuk membuka. Konstruksi sistem EFI melibatkan tiga komponen utama: sistem bahan bakar, sistem kontrol elektronik, dan sistem pemasukan udara.
Buku “Electronic Fuel Injection (EFI)” adalah sumber pembelajaran tentang teknologi EFI. Dirancang khusus untuk pendidikan kejuruan, buku ini mencakup sejarah, model, komponen, dan cara kerja sistem EFI. Materi-materi dalam buku ini membantu siswa dan praktisi memahami prinsip dasar dan aplikasi teknologi EFI, serta persiapan menghadapi tantangan dalam industri otomotif yang terus berkembang.
Dengan memadukan teori dengan aplikasi praktis, buku ini memberikan pemahaman yang kuat tentang teknologi EFI. Ini menjadi panduan berharga bagi siswa, instruktur, dan praktisi otomotif yang ingin menguasai sistem injeksi bahan bakar elektronik dengan lebih baik dalam era modern ini.

Write a comment