Blog

DIVERSIFIKASI OLAHAN PEPAYA KEKINIAN : inspirasi peluang usaha berbagai inovasi olahan pepaya dan contoh perhitungan ekonomi

Penulis
Wahidah Mahanani Rahayu,
Retnosyari Septiyani,
Heni Siswantari,
Barry Nur Setyanto,
Wisnu Wijaya Dewojati.

Kategori
Monograf

ISBN
978-623-174-304-6

Ukuran
15,5 x 23 cm

Halaman
vi, 61 hlm

Tahun Terbit
November 2023

Harga
Rp 50.000,- 

Sinopsis buku

Pepaya adalah salah satu buah tropis yang kaya manfaat, mulai dari kandungan serat hingga vitaminnya yang baik bagi kesehatan. Tanaman pepaya mudah tumbuh dan dibudidayakan. Buah ini seringkali disajikan segar, tetapi masa simpannya cukup singkat dan mudah membusuk. Buku ini memberikan gambaran proses pengolahan buah pepaya untuk mengubahnya menjadi produk pangan kekinian yang lebih awet, tanpa bahan pengawet.

Pepaya juga merupakan komoditas buah andalan dari Jatimulyo, salah satu rintisan desa budaya di Kabupaten Bantul. Hampir setiap rumah memiliki pohon pepaya di halamannya. Melalui program pengabdian masyarakat, pepaya tersebut diolah menjadi berbagai produk penganan khas Jatimulyo. Dengan berbagai potensi wisata dan budaya, desa ini sangat layak dikunjungi, dan penganan khas tersebut menjadi buah tangannya. Produk olahan khas berbahan pepaya tersebut dihadirkan dalam buku ini untuk memberikan informasi dan inspirasi kepada khalayak tentang pepaya, nilai gizi, dan cara mengolahnya menjadi snack kekinian yang lezat, sehat, dan layak jual. Buku ini juga dilengkapi contoh perhitungan ekonomi, sehingga bisa dipraktikkan oleh Anda yang hendak memulai usaha. Selamat membaca.

Write a comment