Blog

Buku Ajar Masalah dan Gangguan Sistem Reproduksi Wanita

Penulis
Yoga Tri Wijayanti, Bdn., S.K.M., M.K.M.
Amelia Nur Hidayanti, S.Si.T., M.P.H.
Leza Fidyah Restiana, S.S.T., Bdn., M.Keb.
Rona Riasma Oktobriariani, S.S.T., M.Keb.
Nur Cahyani Ari Lestari, S.Si.T., M.Kes.
Syahrida Wahyu Utami, S.S.T., M.Keb.
Bdn. Hj. Rahmawati Wahyuni, M.Keb.
Bdn. Rosalin Ariefah Putri, M.Keb.
Vonny Khresna Dewi, S.Si.T., M.Kes.
Tut Barkinah, S.Si.T., M.Pd.
Bd. Siti Ni’amah, S.Si.T., M.Kes.

Kategori
Buku Ajar

ISBN
Dalam proses

Ukuran
15,5 x 23 cm

Halaman
vi, 245 hlm

Tahun Terbit
Juni 2024

Harga
Rp 90.000,-

Sinopsis buku

Buku ajar ini merupakan referensi komprehensif yang membahas berbagai masalah dan gangguan terkait sistem reproduksi wanita dari sudut pandang kebidanan. Buku ini dirancang untuk membantu mahasiswa kebidanan, bidan, serta tenaga kesehatan lain dalam memahami dan menangani kondisi-kondisi yang terkait dengan kesehatan reproduksi wanita.
Buku ini disusun oleh tim penulis yang terdiri dari bidan berpengalaman dan dosen kebidanan, sehingga materi yang dibahas sangat relevan dengan praktik kebidanan sehari-hari. Buku ini mencakup topik-topik penting seperti anatomi dan fisiologi sistem reproduksi wanita, gangguan menstruasi, infertilitas, penyakit menular seksual, dan masalah-masalah yang terkait dengan menopause.
Setiap bab disajikan secara sistematis, dimulai dengan penjelasan tentang dasar-dasar teoritis, dilanjutkan dengan pembahasan tentang manifestasi klinis, cara melakukan pemeriksaan dan pengkajian, diagnosis, serta penatalaksanaan dan asuhan kebidanan untuk setiap kondisi yang dibahas. Buku ini juga dilengkapi dengan algoritme yang memudahkan pemahaman terhadap materi yang disajikan.
Salah satu keunggulan buku ini adalah adanya penekanan pada aspek asuhan kebidanan yang meliputi pengkajian, perencanaan, implementasi, dan evaluasi asuhan. Buku ini juga menyajikan studi kasus yang relevan dengan praktik kebidanan, disertai dengan pembahasan yang mendalam sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas tentang penerapan konsep-konsep yang dipelajari dalam situasi nyata.
Dengan gaya penyajian yang mudah dipahami dan fokus pada praktik kebidanan, buku ajar ini menjadi sumber informasi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa kebidanan, bidan, serta tenaga kesehatan lain yang ingin memperdalam pengetahuan tentang masalah dan gangguan sistem reproduksi wanita dari perspektif kebidanan.

Write a comment